Kamis, 03 Agustus 2017

Bahaya Asam Lambung

Penyakit asam lambung merupakan penyakit yang paling umun dan sering di rasakan oleh masyarakat, asam lambung adalah suatu gejalla yang dimana lambung terkena luka atau peradangan. Akibat dari pola makan yang tidak teratur bisa berdampak perih dan mual. Sebagian besar dari masyarakat sering mengeluhkan penyakit asam lambung ini. Penyakit asam lambung ini  akan menimbulkan beberapa gejala seperti perut terasa mual, batuk, nyeri pada dada, kesulitan menelan, peradangan pada pita suara, jumlah air liur yang banyak, dan lainnya.

Tahukah anda asam lambung juga dapat menimbulkan efek samping dan bahaya bagi kesehatan tubuh ? Bahaya tersebut di antaranya :

Gastroesophageal reflux

Gastroesophageal reflux ialah dimana kondisi dimana kerongkongan bergabung dengan lambung, dan katup otot membiarkan aliran makanan masuk ke perut dan menutup untuk menjaga iisis perut dari kerongkongan. Apabila katup rileks yang seharusnya kontara, perut asam akan mencuci kembali kerongkongan dan menyebbabkan rasa terbakar yang terkait dengan gangguan pencernaan atau mulas.
Asam yang kuat dalm cairan perut ini juga tidak hanya mengiritasi kerongkongan saja tapi bisa juga menyebabkan kerusakan pada pendarahan atau ulkus.

Barrett Kerongkongan

Asam lambung ini juga bisa meningkatkan resikok barrett esophagus yang merupakan kondisi prakanker. Dengan paparan jangka pannjang untuk asam lambung, sel-sel sehat dalam perubahan kerongkongan ke dalam sel.

Merusak tenggorokan dan menimbulkan masalah paru

Reflux asam yang membuatnya kembali ke tenggorokan anda dapat merusak tenggorokan dan pita suara. Gejala yang di timbulkannya yaitu suara serak,sakit tenggorokan, lendir yang berlebihan, dan terasa ada benjolan pada tenggorokan.

Heartburn

Heartburn sering di sebut dengan nyeri ulu hati, nyeri ulu hati adalah rasa nyeri dan perih di dada atau tenggorokan. Kndisi tersebut terjjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, yaitu saluran yang membawa makanan dari mulut ke perut. Rasa sakit tersebut akan semakin terasa parah saat anda berbaring atau membungkuk. Heartburn yang terjadi sekali saja bisa di obati dan tidak perlu di khawatirkkan. Namun apabila sering terjjadi dan menggannggu rutinitas anda, kemungkinan perawatan medis lebih di perlukan.

Masalah pada kerongkongan

Bahaya ketika memasuki kerongkongan,bahaya asam lambung yang naik ke atas bisa menyebabkan esofagitis. Esofagitis yaitu cairan asam lambung yang mrngiritasi lapisan esofagus hingga membengkak dan terasa sakit saat menelan., akan menimbulkan peradangan bahkanhingga borok dan luka di kerongkongan.

Masallah pernafasan

Asam lambung bisa memperparah penyakit asma hingga menyebabkan sesak nafas dan kesulitan untuk bernafas. Hal tersebut terjadi bila asam lambung naik dan tidak sengaja tersedot saat bernafas.

Sebelum asam lambung yang anda rasakan semakin parah dan sampai menyebabkan penyakit serius,akan lebih baik anda segera melakukan pengobatan untuk mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar