Kamis, 03 Agustus 2017

Pantangan Makanan Bagi Penderita Lambung

Pantangan makanan yang di larang bagi para penderita penyakit lambung sangat banyak yang tidak mengetahuinya. Hal tersebut karena banyak penderita lambung yang tidak mengetahui apa saja yang tidak boleh di konsumsinya. Ketika sudah memakan perutnya terasa melillit dan diremas-remas.
Asam lambung memiliki berbagai pantangan, baik dari segi makanan ataupun dalam segi minuman.

Proses terjadinya asam lambung
Banayak yang tidak tahu terjadinya asam lambung dan apa itu asam lambung. Berikut cara terjadinya asam lambung :

> Saat asam lambung terdapat cairan yang berlebihan dan tidak menurun dengan sendirinya, seseorang akan terkena asam lambung.
> Makanan masuk ke dalam lambung melalui kerongkongan, kerongkongan merupakan organ tubuh yang memiliki celah sempit.
> Memakan makanan tertentu yang tinggi lemak, kadar asam yang tinggi tidak bisa ditoleransi oleh lambung.
> Kadar asam di bawah pH 2.0 membuat asam lambung tidak dapat menghasilkan enzim yang mencerna protein.
> Akibatnya dinding lambung memproduksi cairan yang berlebihan. Cairan yang berlebihan itu adalah asam lambung.

PANTANGAN MAKANAN BAGI ASAM LAMBUNG

1. Makanan dengan rasa pedas
Makanan yang memiliki rasa pedas akan bisa membuat iritasi lambung. Selain dapat mengiritasi lambung, makanan yan g pedas juga dapat membuat penderita tidak nyaman. berikut daftar makanan yang tidak boleh di makan :
- Cabai dan sambal
- Saus tomat dan saus cabai
- Saus panas, dan
- Makanan yang mengandung merica berlebihan

2. Makanan Asam
Makanan yang asam mengandung acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung. Makanan yang asam dapat memicu reflux asam, dan bisa memperburuk sakit maag. Berikut makanan asam yang tidak boleh di konsumsi :
- Cuka
- Asinan
- Acar, dan
- Buah asam

3. Buah-buahan tertentu
Buah-buahan yang tidak boleh di kkonsumsi yaitu buah yang memiliki sifat asam. Berikut jenis buaha yang tidak boleh di konsumsi :
- Mangga muda
- Kedondong
- Belimbing wuluh
- Nanas
- Belimbing

4. Makanan yang mengandung banyak gas
Makanan yang mengandung banyak gas sangat tidak boleh di konsumsi bagi penderita asam lambung. Hal tersebut di karenakan penderita asam lambung jika mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas akan mem uat asam lambung naik. Beberapa makanan yang mengandung banyak gas :
- Sawi dan kol, sawi dan kol merupakan sayuran yang jika di makan oleh orang yangtidak sakit akan terasa begah dan penuh. Hal tersebut dikarenakan sawi dan kol memiliki banyak kandungan gas.
- Nangka dan buah pisang ambon

5. Makanan yang berminyak dan berlemak
Makanan yang berminyak dan juga mengandung banyak lemak tidak boleh di konsumsi oleh penderita lambung. Hal tersebut di karenakan lemak dan minyak pada makanan akan mudah mengiritasi lambung. Jenis makanan yang berlemak dan berminyak yang tidak boleh di konsumsi :
- Gorengan
- Sayur tumis
- Jeroan hewan, selain berlemak dan berminyak jeroan juga sulit untuk di cerna oleh lambung.

6. Sumber karbohidrat
Karbohidrat yang di konsumsi bisa membuat lambung cepat terisi dan lambung terlambat mengosongkan isisnya. Berikut jenis karbohodrat yang harus di hindari :
- Jagung, karena jagung memiliki tekstur yang kasar dan sulit di cerna oleh lambung
- Roti putih yang mengandung banyak lemak dari mentega
- Mie, Pasta, dan Nasi.

7. Makanan keras dan sulit di cerna
Penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur keras, karena makanan tersebut bisa merusak lambung dan membuat asam lambung naik. beberapa makanan yang memiliki tekstur keras yang tidak boleh di konsumsi :
- Beras ketan, karena beras ini membuat lambung tidak bisa mencernanya. Penderita lambung yang memakan beras ketan akan merasakan perih pada lambungnya.
- Dododl, meski dododl memiliki tekstur dan sifat yang halus namun sifat alotnya membuat dodol tidak bisa di cerna secara cepat oleh lambung.
- Talas, karena talas memiliki tekstur keras dan memiliki banyak serat sehingga akan menghambat kerja lambung.
- Penderita lambung yang sedang kambuh tidak boleh memakan nasi kecualai nasi yang di buat menjadi bubur.

MINUMAN PANTANGAN ASAM LAMBUNG

Berbagai jenis minuman yang tidak boleh di konsumsi. Hal tersebut dikarenakan kandungan di dalamnya bisa membuat lambung teriritasi. Berikut ini beebrapa minuman yang harus di hindari penderita asamlambung :

1. Minuman yang mengandung soda dan alkohol
Soda dan alkohol merupakan minuman yang terdapat karbonasi di dalamnya. Seperti makanan yang mengandung gas, minuman berkarbonasi dan alkohol juga akan menyebabkan asam lambung juga menjadi meningkat.

2. Minuman berenergi
Minuman berenergi sangat mematikan bagi tubuh manusia dan termasuk bagi penderita asam lambung. Bahayanya minuman energi bagi penderita asam lambung akan menjadi pemicu naiknya asam lambung.

3. Minuman dalam kaleng botol
Minuman dalam kaleng bisa di pastikan semauanya memiliki pengawet, pemanis, dan bahkan pewarna buatan. untutk tiu sangat tidak baik bagi penderita asam lambung.

4. Kopi
Kopi akan membuat lambung memproduksi cairan asam yang berlebihan. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopilah yang di percaya bisa membuat asam lambung menjadi naik. Setelah meminum kopi penderita akan merasakan rasa perih pada lambungnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar