Rabu, 02 Agustus 2017

MACAM-MACAM PENYAKIT LAMBUNG

Lambung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh untuk sistem pencernaan dan untuk mencerna makanan yan menyerap berbagai sari makanan. Pada lambung terdapat enzim renin, pepsin, dan asam klorida. asam lambung kerap terjadi dan menyebabkan penyakit pada lambung jika di kelluarkan dengan berlebihan.







Macam-macam penyakit lambung :
1. Maag

Maag atau sering di sebut dengan tukak lambung adalah peradangan pada dinding lambung yang di sebabkan oleh pengeluaran asam lambung yang berlebihan. Asam lambung secara rutin keluar untuk menghancurkan makanan. Namun apabila tidak ada makanan yang masuk dalam jangka waktu tertentu asam lambung tetap akan keluar dengan mengikis dinding lambung, dan ketika asam lambung mengenai saraf terjadilah rasa sakit yang sering anda rasakan yaitu maag. Untuk menghindari maag adalah dengan makan yang teratur dan menghindari makanan-makanan yang pedas.

2. Kanker lambung

kanker lambung adallah kanker yang terjadi atau berkembang pada sekitar bagian lambung. Gejala-gejala awal ketika terjadi kanker lambung adalah mulas, sakit pada perut bagian atas, mual, dan akan kehilangan nafsu makan, gejala yang terjadi pada selanjutnya adalah dengan penurunan berat badan , warna kulit berubah menjadi warna kekuning-kuningan, kesulitan menelan, muntah, dan terdapat darah pada tinja. Kanker inin juga dapat menyebar ke bagian lain seperti hati, paru-paru, tullang, lapisan perut, dan kelenjar getah bening.

3. Gastritis








Gastritis adalah peradangan pada bagian lapisan lambung yang di sebabkan oleh minum-minuman berakohol,dan lain-lain. Gastritis juga dapat muncul apabila setelah operasi, luka bakar, luka trauma, atau infeksi berat.Gejala gastritis adalah gangguan pencernaan, perut kembung, dan muntah. Untuk mencegahnya anda dapat menghindari makanan pedas atau

4. Dispepsia 





Dispepsia merupakan gangguan pada pencernaan yang ditandai oleh nyeri dan perih di bagian atas perut dan perut terasa penuh meskipun belum terisi/belum makan. dispepsia sering terjadi pada penderita penyakit GERD dan gastritis.

5. Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan salahsatu penyakit gabungan antara diare, muntah, dan perut kram.Gastroenteritis sering juga disebut sebagai virus perut dan flu lambung. Penyakit ini di sebabkan oleh rotavirus pada anak-anak, norovirus, dan campylobacter pada orang dewasa. Penyakit ini terjadi karena makana yang tidak di olah dengan baik,air yang terkontaminasi, atau kontak terlalu dekat dengan penderita. Untuk mencegah gastroenteritis dengan berupa air bersih dan mencuci tangan dengan bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar